Pages

POPULER POST

Rabu, 05 September 2012

Inilah Pantai-Pantai di Maluku yang Indah

Provinsi Maluku adalah salah satu provinsi dengan ibukotanya  Ambon , dan mempunyai banyak sekali obyek wisata antara lain Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Minat Khusus, Wisata Kuliner, Wisata Olah Raga, Wisata Belanja , dari sekian banyak Obyek wisata Provinsi Maluku yang sangat terkenal yaitu  wisata alam Pantai Netsepa.
Pantai Netsepa terletak  diDesa Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Pantai yang terletak sekitar 18 KM dari pusat Kota Ambon.
Keistimewaan: Pantai ini landai, lebar dan sangat terkenal sejak dulu dengan pasir putihnya yang halus.


1. Pantai Ora, Surga Tersembunyi di Maluku

Pantai Ora yang berlokasi di Pulau Seram, Maluku Tengah, menawarkan keindahan alam yang tak kalah dibanding keduanya. Kawasan pantai masih terawat dengan baik karena belum banyak wisatawan yang datang berkunjung.


Tepat di atas perairan pantai yang jernih terdapat sejumlah resor berbentuk rumah panggung dengan material kayu. Suasana penginapan dan lingkungannya sangat nyaman sehingga cocok menjadi tempat bersantai sampil menenangkan pikiran.
Pada bagian bawah penginapan, pengunjung bisa menikmati pemandangan berupa terumbu karang dan ikan karang beraneka warna yang menghiasi dasar laut. Salah satu penginapan yang tersedia bernama Ora Beach Resort.

Selain melakukan kegiatan snorkeling, pengunjung bisa pula melintasi Sungai Salawai untuk menyaksikan proses pembuatan sagu, pengambilan buah kelapa, atau melihat ragam jenis burung di muara sungai Teluk Sulaiman.
Pengunjung juga bisa melakukan trekking menyusuri hutan di Sawai menuju Pusat Pendidikan dan Rehabilitasi Satwa di Dusun Masihulan, Sawai, dimana pengunjung bisa menemukan penangkaran burung kakaktua seram dan nuri seram.

2.  Pantai Liang
Pantai Hunimua, Desa Liang, Kabupaten Maluku Tengah, biasa disebut Pantai Liang, menempati peringkat pertama terindah di Indonesia berdasarkan hasil penelitian Badan PBB yang mengurusi pembangunan global (UNDP) tahun 1990. Pantai Hunimua atau Pantai Liang menempati urutan tertinggi karena memiliki panorama bawah laut yang sangat memikat.

Bagi anda yang gemar diving (menyelam), bisa menikmati keindahan bawah laut (terutama pada lokasi) 50 meter dari tepi pantai

3. Pantai Natsepa
Pantai Berpasir Putih Yang Indah. Terletak di Desa Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, merupakan lokasi wisata yang sangat dikenal di Kota Ambon. Pantai yang terletak sekitar 18 KM dari pusat Kota Ambon tersebut sering menjadi pilihan warga Kota yang ingin menikmati hari liburnya.
Pantai ini landai, lebar dan sangat terkenal sejak dulu, dengan pasir putihnya yang halus. , memasukki daerah wisata ini, tampak dengan pemandangan diluar pantai dengan deretan penjual-penjual rujak maupun makanan lainnya.
Rujak Natsepa atau Rujak Suli sudah sangat terkenal bagi masyrakat Kota Ambon, Objek Wisata ini menyediakan berbagai fasilitas antara lain beberapa shelter yang dapat digunakan sambil menikmati indahnya pantai dan pemandangan Teluk Baguala.  berbagai pertunjukkan yang diberikan pengelola, pertunjukkan itu antara lain atraksi bambu gila, ataupun permain lainnya.

4.Pantai Englas
Pantai Englas terletak di sebelah Barat Kota Minyak Bula. Oleh masyarakat di kecamatan ini, Pantai Englas dikenal sebagai pantai yang indah, berpasir putih dengan air lautnya yang jernih serta pemandangan alamnya yang eksotik. Saat ini
objek wisata Pantai Englas kerap digunakan sebagai tempat rekreasi, renang dan memancing. Bagi wisatawan yang sudah tiba di Kota Ambon, Pantai Englas bisa menjadi salah satu agenda tujuan wisata. Menumpangi kapal Pelni Pangrango dengan biaya tiket Rp.150.000.- wisatawan sudah tiba di Kota Bula. Lama perjalanan dengan kapal ini 2 hari. Wisatawan selanjutnya dapat memilih menginap untuk sementara di beberapa penginapan murah di Bula baru kemudian menyiapkan segala sesuatunya untuk menuju ke pantai ini. Menggunakan mobil sewaan atau motor, wisatawan tiba di Pantai Englas hanya dalam trempo 15 menit.

5. Pantai Hunimoa
Pantai Hunimua Indah yang terletak Desa Liang, 32 km dari Ambon atau 15 kilometer dari Pantai Natsefa.

6. Pantai Ngur Sarnadan
Pantai Ngur Sarnadan (Pasir Panjang), Kai Pantai Pasir Panjang yang di Tual Maluku Tenggara merupakan pantai yang sangat menakjubkan dengan pasir putihnya yang sangat panjang dan lembut menyerupai tepung itu membuat mata tak tahan melihatnya disiang hari karena memancarkan cahaya yang menyilaukan.

7. Pantai Latuhalat
Pantai Latuhalat, Ambon, Santai Beach! Letaknya di Desa Latuhalat Kec. Nusa Niwe. Berjarak kurang lebih 17 km dari Pusat Kota Ambon dengan waktu tempuh 30 menit dengan Kenderaan darat. Santai Beach adalah salah satu pantai di pulau Ambon yang cukup indah, eksotis dan ramai pengunjung di sore hari apalagi Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Suasananya teduh (diteduhi nyiur yang melambai-lambai) dan asyik buat nongkrong ngobrol ngalor ngidul apalagi disuguhi singkong goreng dan teh manis hangat.

8. Pantai Koako.
Pantai ini terletak di Soahuku, Pulau Seram.  Untuk mencapai pantai ini kita harus menuju ke Amahai.   Amahai dijangkau dengan kapal cepat dari pelabuhan pulau Ambon di Tulehu (lama perjalanan kapal Tulehu – Amahai  adlh 2 jam

9. Pantai Hattu
Pantai  berpasir putih dan sebahagian berbatu karang dgn pantai berbatu kerikil

10. Pantai Waai
Pantai berpasir putih. Desa Waai terkenal dengan Moa (belut beranting-anting) atau Morea Anting2.  Moa ini bersembunyi dibalik batu tapi bisa dipangil oleh pawangnya kalo kita ingin melihat bahkan memegangnya.

11. Pantai Pulau Raja.
Pulau Raja sangat sepi, tanpa penduduk yg menetap di sana.  Penduduk hanya membangun rumah sederhana yg di tempati siang hari saja.  Itupun hanya bbrp rumah.  Di rumah  temporer ini penduduk mengolah / mengasap / mengeringkan hasil tangkapan mrk dari laut seperti teripang, ikan, dll.

12. Pantai Sulamadaha
Pantai Sulamadaha Berada sekitar kurang lebih 14 km dari pusat kota ternate, Pantai Sulamadaha mudah dijangkau oleh angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

13. Pantai Sulamadaha menawarkan keindahan nuansa alam yang mampu menghilangkan kepenatan setiap orang yang mengunjunginya. Hamparan pasir dan deburan ombak, laut nan biru, serta pemandangan pulau hiri yang keliling bukit batu dan pepohonan,
14. Pantai Sulamadaha menjadi objek wisata yang diincar warga pada hari libur. Dari pusat Kota Ternate ke pantai memakan waktu satu jam perjalanan. Pantai Sulamadaha juga masih menyajikan pemandangan dan suasana alam yang asli. Bahkan, makanan yang dijajakan di pantai sangat tradisional. Penjual membangun tenda-tenda kecil di pinggir pantai untuk menjual kelapa muda dan makanan kecil.Pantai Sulamadaha tidak seperti pantai-pantai terkenal di Bali. Meskipun tidak berpasir putih, Pantai Sulamadaha memiliki pesona tersendiri. Pantai berpasir hitam ini berhadapan langsung dengan Pulau Hiri.
15. Pantai Jikumerasa
Objek Wisata Pantai Jikumerasa menyuguhkan pesona alam pantai kepada setiap orang yang ingin melepaskan kepenatan dalam rutinitas kerja, Berada di Kecamatan Namlea dengan hanya berjarak kurang lebih 10 KM dari kota namlea menjadikan Jikumerasa primadona Kabupaten Buru.
Wisata alam laut yang tersaji seperti lukisan alam yang membentuk 3 warna tatkala matahari mulai berada tepat diatas kepala, dengan desiran gulungan ombaknya merupakan bonus bagi mereka pencinta surfing. Pantai Jikumerasa sendiri masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat dengan sajian rujak khas Maluku dan hamparan pasir putih serta udaranya yang sejuk sangatlah pas tatkala kita menghabiskan waktu sembari menyantap rujak, untuk menikmati Pantai Jikumerasa dapat digunakan perahu rakyat yang disediakan oleh masyarakat setempat. Berbicara tentang pesona Jikumerasa maka jangan pernah anda lewatkan pesona saat-saat dimana matahari mulai tenggelam di balik bukit yang mengitari pesisir Jikumerasa karena pemandangan ini dapat menjadi magnet yang membuat anda akan teringat akan Jikumerasa, demikian gambaran betapa Jikumerasa menjanjikan sebuah surga bagi mereka yang menyukai pesona wisata pantai. Maka apabila anda sempat singgah ke Kab. Buru maka jangan pernah anda lewatkan Pesona Pantai Jikumerasa

Beberapa objek wisata pantai terkenal di Maluku lainnya al:
* Pantai Hatuurang
* Pantai Lokki, Seram
* Pantai Labuan Aisele, Seram Utara
* Pantai Soplessy, Seram
* Pantai Kobisadar, dsb

0 komentar:

Posting Komentar

 

ALEXA RANK

FOLLOW ME

HOW MANY VISITORS ?